Tugas
Apa itu Waypoint?
Waypoint dalam bahasa Indonesia berarti titik jalan. Jadi, waypoint dapat
dijelaskan sebagai titik acuan atau koordinat yang digunakan untuk keperluan
navigasi di dalam peta pada sebuah game. Koordinat-koordinat itu biasanya
menyertakan longitude(garis bujur), latitude(garis lintang) dan kadang
altitude(ketinggian) untuk keperluan navigasi udara di dalam game. Waypoint
berfungsi sebagai titik tujuan didalam peta pada sebuah game. Waypoint di dalam
game seringkali tidak disertai tanda yang dapat dilihat oleh pemain, baik
ketika pemain melihat peta, Waypoint tidak akan ditampakkan guna untuk menambah
tingkat kesulitan didalam sebuah game.
Tidak dipungkiri lagi, waypoint sudah pasti diterapkan untuk karakter-karakter
ai yang terdapat didalam game agar game dapat terlihat lebih hidup seperti
keadaan di dunia nyata, walaupun kadang pemain juga harus dipaksa untuk
mengikuti waypoint yang ditentukan oleh developer. waypoint yang diterapkan pada
karakter ai dalam game bergenre aksi dan petualangan, biasanya untuk keperluan
patroli, keperluan mengejar, keperluan melarikan diri dan keperluan menghindar.
Apa itu Taktik?
Menurut penulis, taktik adalah susunan cara yang akan dilakukan untuk
menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi. Taktik digunakan untuk
terselesaikannya masalah dengan sempurna tanpa adanya kegagalan. Terkadang,
taktik juga digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari masalah yang dihadapi.
Didalam game bergenre aksi dan petualangan, pemain sangat dipaksa untuk
memiliki taktik agar masalah-masalah yan terdapat didalam game dapat
terselesaikan secara sempurna, Karena kebanyakan didalam juga menuntut
pemainnya untuk selalu menang, sehingga taktik sangat diperlukan untuk pemain.
Apa itu Pathfinding?
Pathfinding atau dapat diartikan "pencarian jalur" dalam bahasa
Indonesia. Pathfinding menurut penulis merupakan terusan dari waypoint, dimana
ketika sebuah titik koordinat sudah di tentukan, karakter ai selanjutnya
mencari jalur tercepat untuk sampai pada titik koordinat tersebut.
Penulisan
Strategi Real-time
Strategi
real-time "(RTS) menunjukkan bahwa tindakan dalam permainan kontinu, dan
pemain akan harus membuat keputusan dan tindakan mereka dalam latar belakang
negara permainan yang terus berubah, dan komputer real-time strategy gameplay
ditandai dengan memperoleh sumber daya, membangun pangkalan, meneliti teknologi
dan memproduksi unit.
contoh game yang menggunakan
Strategi real-time
menurut penulis, game yang
menggunakan strategi real-time adalah game yang sedang booming sekarang, yaitu
P*BG. yang biasa disebut Pabji.
Referensi :
file:///E:/Pengantar%20Game%20(Soft%20Skill)/Tugas%204/M11,%20M12%20-%20AI%20dalam%20Tactical%20dan%20Strategi.pdf
file:///E:/Pengantar%20Game%20(Soft%20Skill)/Tugas%204/M11%20dan%20M12%20-%20Pengantar%20Teori%20Game%20Tactical%20Strategy%20Way%20Point.pdf
http://rahmattl.blogspot.com/2018/06/bab-5-ai-dalam-taktikal-dan-strategi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar