Desain dan Pemodelan Grafis
1. Pengertian Desain dan Pemodelan Grafis
Desain pemodelan grafis merupakan
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”,
“Pemodelan”, “Grafis” dengan memiliki arti sbb :
-Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
-Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
-Grafis : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan
gambar dengan melakukan proses pencetakan.
-Desain Grafis : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan
gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis
mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
2. Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Unsur – unsurnya :
a. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b.
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki
diameter tinggi dan lebar.
c.
Huruf (Character)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam
bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai
Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
d.
Simbol (Symbol)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam
bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan
dapat dipahami secara umum sebagai
lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang,
bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan
detail).
e.
Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan
kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan
benda lainnya.
f.
Tekstur (Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan
dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
g.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis.
h.
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
i.
Warna (Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual
secara jelas.
Prinsipnya :
a.
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis
menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau
kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan
seimbang secara visual.
c.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
d.
Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
e.
Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua
wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada
music beruntun yang sama.
3. Perkembangan Desain Grafis dari
Berbagai Media
Pada awalnya media desain grafis
hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan dalam media
elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang.
4. Pengaruh Kebudayaan & Teknologi dalam Membuat Desain
Pemodelan Grafis
Keberadaan desain pemodelan grafik
sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di masyarakat. Salah
satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafik
berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya
Indonesia digunakan sebagai desain grafik. Contohnya adalah kerajinan kain
daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional daerah
merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk
djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafik.
Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati
ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan
teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus
mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social
pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku
seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san
perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan
lembaga penting lainnya.
5. Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer merupakan sebagai suatu ilmu disiplin yang mempelajari suatu hubungan antara seorang manusia dengan seperangkat komputer yang meliputi dari sebuah perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar lebih mudah untuk digunakan oleh user. Interaksi ini sedang dalam proses pencarian cara yang paling efisien untuk dapat merancang sebuah pesan elektronik, sedangkan interaksi antara manusia dan komputer sendiri merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukkan, dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh sebuah hasil akhir yang diharapkan, maka dari itu harus ada sistem yang harus disesuaikan dengan kebutuhan manusia dan juga dirancang dengan berbasis orientasi kepada manusia sebagai user.
Sumber :
http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html [ Diakses : 22 Oktober 2016 ]
http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/11/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html [ Diakses : 22 Oktober 2016 ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar